Teknologi Komunikasi Pendidikan BA

 

SILABUS

Mata Kukiah                         : Teknologi Komunikasi Pendidikan

SKS                                         : 2 SKS

Program Studi                      : Pendidikan Bahasa Arab

Dosen                                    : Roviin, M.Ag

e-mail                                    : viin_salatiga@yahoo.co.id

Blog                                        : roviin.staff.stainsalatiga.ac.id

Semester                              : Genap

Kompetensi :

Mahasiswa memahami teori dan aplikasi teknologi komunikasi pendidikan dalam upaya pemecahan masalah belajar dan pembelajaran bahasa arab melalui kajian dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian proses dan sumber belajar bahasa arab dalam meningkatkan kualitas dan keefektifan pembelajaran bahasa arab.

Pengalaman Belajar

Selama perkuliahan mahasiswa mengikuti kegiatan:

  1. Ceramah, tanya jawab dan diskusi kelas.
  2. Pembuatan dan penyajian  tugas.

Evaluasi

Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ditentukan oleh prestasinya dalam :

  1. Partisipasi dalam kelas.
  2. Pembuatan dan penyajian tugas.
  3. UTS dan UAS

 Materi Perkuliahan :

  1. Pendahuluan
  2. Konsep, tujuan  dan prinsip penerapan teknologi pendidikan.
  3. Landasan dan kawasan teknologi pendidikan.
  4. Aplikasi Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam pemecahan masalah pembelajaran bahasa arab.
  5. Aplikasi Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam desain sistem pembelajaran bahasa arab.
  6. Aplikasi Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam pengembangan teknologi audio visual dalam pembelajaran bahasa arab.
  7. Aplikasi Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam pengembangan teknologi berbasis komputer dan teknologi multimedia dalam pembelajaran bahasa arab.
  8. Aplikasi Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam pemanfaatan media, divusi inovasi, implementasi, institusionalisasi, kebijakan dan regulasi dalam pembelajaran bahasa arab.
  9. Aplikasi Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam pengelolaan sumber belajar, dan pengelolaan informasi  suatu pembelajaran bahasa arab.
  10. Aplikasi Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam penilaian yang mencakup analisis masalah, pengukuran acuan patokan, penilaian formatif, dan penilaian sumatif suatu pembelajaran bahasa arab.
  11. Penyajian dan pembahasan rancangan pengembangan Teknologi Komunikasi Pendidikan 1.
  12. Penyajian dan pembahasan rancangan pengembangan Teknologi Komunikasi Pendidikan 2.
  13. Penyajian dan pembahasan rancangan pengembangan Teknologi Komunikasi Pendidikan 3.
  14. Penyajian dan pembahasan rancangan pengembangan Teknologi Komunikasi Pendidikan 4.

Referensi :

  1. Craig N. Locatis & Francis D. Atkinson, 1984. Media and Technology for Education and Training,Columbus : Bell & Howell Company.
  2. Darmawan, Deni, 2011. Teknologi Pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya
  3. Januszewski, Alan, 2001 .Educational Technology: The Development of a Concept,  Colorado : Englewood Cliff.
  4. Miarso, Yusufhadi, 1986. Definisi Teknologi Pendidikan: Satuan Tugas Definisi dan AECT, Jakarta:  Rajawali dan Pusat Antar Universitas
  5. Miarso, Yusufhadi, 2004 .Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta : Prenada Media Kencana.
  6. Prawairadilaga, Dewi Salma, Evelin S.  2004 .Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Kencana.
  7. Seels, D Barbara, Rita  C Richey, 1994 .Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field, Washington : AECT.
  8. Warsito, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, Jakarta : Rineka Cipta.
  9. حسين الطوبجي، 1987 م ، وسائل الاتصال والتكنولوجيا في التعليم – الطبعة الثامنة، الكويت : دار القلم.
  10. رافعين ، مدخل إلى الوسائل التعليمية، جامعة سلاتيجا الإسلامية الحكومية، سلاتيجا.
  11. عبد العزيز الدشتي،1988 م ، تكنولوجيا التعليم في تطوير الموافق التعليمية – الطبعة الأولى، الكويت : مكتبة الفلاح.
  12. ماهر إسماعيل يوسف، 1999 م ، من الوسائل التعليمية إلى تكنولوجيا التعليم – الطبعة الأولى، الرياض : مكتبة الشقري.